-->
loading...

Tuesday, December 30, 2014

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw - Setelah pada postingan kemarin telah diuraikan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Maka pada postingan kali ini, blog pembelajaran akan share bagaimana langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini. Berikut uraiannya.

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebuah model pembelajaran yang akan memeberikan beberapa keuntungan yaitu dapat mencegah dan mengurangi masalah konflik yang diakibatkan oleh adanya perbedaan-perbedaan (suku/ras/agama) di antara para siswa, pembelajaran menjadi lebih baik, meningkatkan motivasi siswa, dan meningkatkan kenyamanan dalam proses pembelajaran.

Langkah-Langkah Pembelajaran Jigsaw

1. Elliot Aronson (2008) mengemukakan ada 10 langkah mudah dalam jigsaw, yaitu:
  • Membagi 5 atau 6 siswa menjadi satu kelompok jigsaw yang bersifat heterogen.
  • Menetapkan satu siswa dalam kelompok menjadi pemimpin
  • Membagi pelajaran menjadi 5 atau 6 bagian
  • Setiap siswa dalam kelompok mempelajari satu bagian pelajaran
  • Memberi waktu pada siswa untuk membaca bagian materi pelajaran yang telah ditugaskan kepadanya.
  • Siswa dari kelompok jigsaw bergabung dalam kelompok ahli yang mempunyai materi yang sama, dan berdiskusi
  • Kembali ke kelompok jigsaw
  • Siswa mempresentasikan bagian yang dipelajari pada kelompoknya.
  • Kelompok jigsaw mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
  • Diakhir kegiatan siswa diberikan soal untuk dikerjakan mengenai materi.
2. Menurut Trianto (2010: 73) langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu:
  • Siswa dibagi dalam beberapa kelompok (tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang).
  • Materi pelajaran diberikan kepada siswa dalam  bentuk teks yang telah dibagi-bagi menjadi sub bab.
  • Setiap anggota kelompok membaca sub bab yang ditugaskan dan bertanggungjawab untuk mempelajarinya. Tiap anggota kelompok ahli setelah kembali kekelompoknya bertugas mengajar teman-temannya.
  • Anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari sub bab yang sama bertemu dalam kelompok-kelompok ahli untuk mendiskusikan.
  • Pada pertemuan dan diskusi kelompok asal,siswa-siswa dikenai tagihan berupa kuis individu.
  • Anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari subbab yang sama bertemu dalam kelompok-kelompok ahli untuk mendiskusikan.
Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

3. Menurut Isjoni (2009:77) pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam penguasaan materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Pada kegiatan ini keterlibatan guru dalam proses belajar mengajar semakin berkurang dalam arti guru menjadi pusat kegiatan kelas. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan dan memotivasi siswa untuk belajar mandiri serta menumbuhkan rasa tanggungjawab.

Langkah-langkah dalam model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (Isjoni 2009: 80-81), yaitu:
  • Siswa dihimpun dalam satu kelompok yang terdiri dari 4-6 orang.
  • Masing-masing kelompok diberi tugas untuk dikerjakan.
  • Para siswa dari masing-masing kelompok yang memiliki tugas yang sama berkumpul membentuk kelompok anggota yang baru, untuk mengerjakan tugas mereka, para siswa tersebut menjadi anggota dengan bidang-bidang mereka yang telah ditentukan.
  • Masing-masing perwakilan tersebut dapat menguasain materi yang ditugaskan, kemudian masing-masing perwakilan tersebut kembali kekelompok masing-masing atau kelompok asalnya.
  • Siswa diberi tes, hal tersebut untuk mengetahui apakah siswa sudah dapat memahami suatu materi.
Demikianlah uraian mengenai langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Semoga dapat dimengerti dan dapat bermanfaat.

Advertisement

1 komentar:

boleh minta daftar pustakanya ?

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon